4 Desa di kecamatan Wiradesa Sepakat Adakan program Ptsl di tahun 2020

Buser Bayangkara 74.Pekalongan – Ada Sebanyak Empat Desa di Kecamatan Wiradesa tahun 2020 ini, mendapatkan Program Pembuatan Sertifikat Tanah dari Badan Pertanahan Nasional (BPN ) Kabupaten Pekalongan melalui Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).
Ke-empat Desa tersebut diantaranya, Desa Kampil, Desa Bondan Sari, Desa Deleg Tukang, Desa Kauman, yang secara keseluruhan ke-empat Desa tersebut mendapatkan kuota kurang lebih sebanyak 1,862 Persil yang diberikan oleh BPN Pekalongan untuk masyarakat pemohon.

“Jelas Kades Kampil Slamet Sutrisno,selaku ketua Paguyuban Kepala Desa di Kecamatan Wiradesa, saat di temui Tim MBB74, Selasa (24/03/2020) di sela-sela di luar kantor saat-saat santai.

Dikatakan “Bpk Slamet Sutrisno” melalui Program Pendaftaran Tanah Sistem Lengkap (PTSL) yang tengah di jalankan oleh Badan Pertanahan Nasional (BPN), nantinya akan mampu mendorong pergerakan dan kemajuan ekonomi masyarakat di bawah.
Sebab, sertifikat yang dimiliki oleh masyarakat bisa menjadi barang berharga bagi mereka, dan juga meminimalisir terjadinya konflik pertanahan.

” PTSL merupakan program pemerintah pusat, yang akan bermanfaat bagi pemerintah daerah, selain itu program PTSL akan menjadi dasar legalitas kepemilikan lahan masyarakat, yang nantinya bisa diajukan sebagai jaminan pengajuan modal usaha.” Papar Slamet Sutrisno.

“Disaat yang sama Kades Kauman Ashari mengatakan hal yang senada, bahwa program dari pemerintah pusat melalui BPN sangat membantu masyarakat dalam memiliki sertifikat tanah dan pastinya lebih mudah.

” Kami berharap kepada masyarakat jangan melewatkan, Kesempatan ini, karena untuk membuat sertifikat tanah itu tidak mudah dan membutuhkan biaya yang cukup besar, ” Tuturnya.

Sementara itu Empat Kepala Desa yang mendapat program PTSL bagi warganya, mengaku sangat terbantu. Seperti yang di Sampaikan, Empat Kepala Desa di Kecamatan Wiradesa Kabupaten Pekalongan.

“Kepala Desa Kampil Slamet Sutrisno,” Saya sebagai Kepala desa, sangat mengapresiasi program PTSL ini, karena dilaksanakan untuk mempercepat terwujudnya pendaftaran tanah di seluruh wilayah Desa Kampil, dari kuota yang di berikan BPN 1,862 dan mudah mudahan masyarakat yang mengajukan mencapai angka sesuai target” ucapnya.

Kepala Desa Kauman Ashari mengatakan, ” Adanya program PTSL ini, saya sangat sangat mengapresiasi, bagus dan masyarakat kami sangat antusias mengikuti program PTSL dari BPN Pekalongan,” ucapnya.

Kepala Desa Deleg Tukang Ghufron Faza” Dengan program PTSL ini masyarakat sangat terbantu untuk mendapatkan legalitas kepemilikan tanahnya, kalau mengurus sendiri tentunya sudah pasti mahal dan mayoritas masyarakat tidak mampu, PTSL ini sangat- sangatlah membantu, ” Ucapnya.

“Kepala Desa Bondan Sari Zaenal Adha, kami bersama warga masyarakat menyambut baik program PTSL ini, bagus untuk kedepanya karna bisa memajukan desa, dan keuntunganya juga desa punya peta desa, itu bagusnya program ini.” ucapnya.

Semoga di tahun 2020 ini program PTSL dari pemerintah pusat bisa terealisasi dan terserap di beberapa Desa di Daerah khusus nya kabupaten Pekalongan sendiri sebagai stakeholder percepatan Program Sertifikat Massal yg sudah menjadi program Presiden Jokowi melalui SKB 3 MENTRI Dengan BPN bersama Pemerintah Daerah

(Agus)