Berita utama

42 Perwakilan POKTAN PAJALE dan 136 POKTAN Ikuti Sosialisasi dan Penyerahan Langsung di Kantor BPP Jampang kulon

Buser Bhayangkara74,

Indonesia bagian timur salah satu Negara Agraris, Khususnya di wilayah Kabupaten Sukabumi Jawa Barat di bagian selatan yaitu Pajampangan.

Sosialisasi Program Padi Jagung dan Kedelai (PAJALE) dari kementrian pertaian Republik Indonesia. Para Penerima bantuan di Kecamatan jampang kulon tahun 2020. Terdiri dari136 Kelompok yang memiliki luasan lahan yang bervariasi terdiri dari 25 ha-40ha/ Kelompok yang tersebar dari luas lahan sawah tanah 2708 Hektare berikut lahan darat/tegal 2252 hektare


Sementara luas Calon Penanaman Lahan (CPL) mendapat bantuan per hektar 45 kilo gram, yang akan ditanami di Kecamatan Jampangkulon seluas 2708 ha dan luas darat/tegal 2252 di Kecamatan Jampangkulon, diantaranya: Kelurahan Jampangkulon 4 Kelompok, Desa Nagraksari 11 Kelompok, Desa CiParay 14 Kelompok, Desa Bojonggenteng 8 Kelompok, Desa Bojongsari 18 kelompok, Desa Padajaya 10 Kelompok, Desa Mekarjaya 14 Kelompok, Desa Tanjung 10 Kelompok, Desa Cikarang 13 Kelompok, Desa Karanganyar 13 Kelompok, Desa Cikaranggesan 10 Kelompok.

Sosialisasi PAJALE diinisiasi oleh kepala UPT Pertanian Jampangkulon yang di hadiri 42 Kelompok Tani di Aula Kantor BPP Kecamatan Jampangkulon, Kabupaten Sukabumi. Kamis, 6/08/2020

Menurut Kepala BPP Jampangkulon Ucu Rohillah S.Pt., M.P., kepada Wartawan Sesuai harapan pemerintah bagi sejumlah anggota kelompok tani di Kecamatan Jampangkulon, setelah panen padi sawah agar segera menanam kedelai dengan serempak.
Selain itu agar membiasakan diri secara mandiri untuk menanam kacang kedelai setalah pasca panen padi. Misal pola tanam jika di darat lahan kering misal Padi gogo- palawija/kedelai, lalu jika di lahan sawah irigasi basah dapat panen 2 x dalam Satu tahun misal sawah Padi palawija/kedelai dan (Sistem Tanam sawah tadah hujan dalam 1 tahun bisa 1x panen padi-palawija/kedelai).

Tujuan menanam pajale ini, untuk meningkat pendapa para petani agar lebih sejahtra, swasembada kedelai agar tidak terus menerus kedelai infor dari luar negeri, USA dan negara lain, pungkas Kepala UPTD Pertanian Wil Jampangkulon Yaya Kuswaya M.P., kepada wartawan
Dalam kesempatan itu Hadir Kepala UPTD Wil VI Jampangkulon, Para Ketua Kelompok Tani (POKTAN) Kecamatan JampangKulon, Kepala BPP Kecamatan Jampangkulon dan Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL)10 Desa dan 1 Kelurahan Jampangkulon.

Dedi-Sukabumi

Tinggalkan Balasan