BERAU COAL RESMI DILAPORKAN SEBAGAI PENYEROBOT LAHAN MASYARAKAT SAI BEDUNGUN.

Buser bhayangkara74,-Kal Tim.

“Tanjung Redeb Berau, Tim pengacara masyarakat Bedungun resmi melaporkan PT Berau Coal, ke Polres Berau, Tim pencara dipimpin oleh Aryanto SH, sebanyak 4 orang pengacara dari Yayasan Lembaga Bantuan Hukum (YLBH) Keadilan Tetap ada, pada hari kamis 25 juni 2020.

Ariyanto SH sebagai ketua tim Advokad/ kuasa hukum masyarakat kelompok perambah mengatakan, pada tanggal 17 juni 2020 kami mendapat surat kuasa dari ketua kelompok perambah, keesokan harinya kami langsung tinjau lokasi masyarakat perambah yang telah di tambang oleh PT Berau Coal di site Prapatan.

Setelah kami mempelajari legalitas alas hak masyarakat perambah, kami berkesimpulan bahwa PT Berau Coal telah melakukan kegiatan pertambangan yang melanggar hukum, PT Berau Coal patut diduga telah melanggar pasal 385 KUHP tentang penyerobotan lahan masyarakat perambah, yang dasar pelimpahannya dari PT Inhutani l pada tahun 1998 yang lalu.

Selanjutnya Ariyanto SH, mengatakan pada awalnya kami dipersulit oleh penyidik Polres Berau karena menurutnya kelompok masyarakat perambah sebelumnya telah melaporkan kasus ini, namun setelah melalui perdebatan hukum akhirnya laporan kami diterimah dengan bukti pelaporan kami.

Awak media buser bhayangkara74 berusaha mendatangi kantor PT Berau Coal di jalan pemuda Tanjung redeb Berau, namun menurut Security yang bertugas mengatakan pimpinan kami lagi keluar, lalu kami coba menghubungi melalui via telefon namun tidak mendapat respon.

(Arifin – Kaltim)

Tinggalkan Balasan