Dengan Cepat Jajaran POLRES METRO DEPOK Amankan Tersangka Pembunuhan Apartemen

Korban Wanita AO Tewas di Apartemen Margonda Residen

Korban Wanita AO Tewas di Apartemen Margonda Residen

DEPOK – Buser Bhayangkara 74
Dengan cepat (tidak lebih dari 24 jam, Rabu, 5/8/2020), Jajaran Polres Metro Depok berhasil mengamankan ‘FM (37)’ yang menjadi tersangka pembunuhan terhadap seorang wanita berinisial ‘AO (36th)’ di Apartemen Margonda Residence V, Kota Depok pada Selasa, 4/8/2020, malam.
Penemuan jenazah tersebut kali pertama dilaporkan oleh pihak pengelola apartemen pada Selasa (4/8) sekira pukul 20.00 Wib, ke Polres Metro Depok.
“Korban ‘AO’ sebelumnya ditemukan tewas dengan kondisi badan telungkup ke bawah di atas ranjang, tangan dan kaki terikat serta mulut dilakban. Kemudian terdapat luka dibagian kepala belakang dan kening korban,” ungkap Kasat Reskrim Polres Metro Depok, Kompol. Wadi Sabani, kepada awak media.
Dari hasil pemeriksaan para saksi, diketahui pelaku FM merupakan teman dekat korban, FM menyewa 1 unit apartemen melalui telepon untuk kurun waktu 5 jam.
Kasubag Humas Polrestro Depok Kompol Ely
Kasubag Humas Polrestro Depok Kompol Ely

Kapolres Metro Depok, Kombes. Pol. Azis Andriansyah, S.H., S.IK., M.Hum., menerangkan guna mempercepat penangkapan dan pengejaran tersangka ‘FM’, pihaknya membentuk tim dan melakukan analisa. Dari hasil olah TKP, ditemukan beberapa barang bukti dan alat yang digunakan untuk kekerasan, termasuk identitas tersangka maupun korban.

“Dari situlah kami simpulkan bahwa telah terjadi tindak pidana pembunuhan, sehingga kami tentukan hal tersebut merupakan pembunuhan berencana,” ujar Azis kepada awak media.
Selain itu, lanjut Azis, “dari hasil analisa ditemukan indikasi di alat komunikasi korban dengan adanya bukti komunikasi dengan ‘FM’ yang belum lama meninggalkan lokasi TKP”. Melihat indikasi tersebut, pihaknya langsung melakukan pengejaran terhadap tersangka.
Pengejaran dilakukan kesejumlah lokasi yang diduga menjadi tempat persinggahan tersangka, mulai dari tempat kost, tempat tinggal, beberapa aktifitas tersangka, dan tempat pekerjaan tersangka.
Tersangka FM Pembunuh Apartemen Depok
Tersangka FM Pembunuh Apartemen Depok

Pada akhirnya, pelarian tersangka berhasil ditemukan Polres Metro Depok di wilayah kota Bekasi. “setelah di Bekasi kami langsung melakukan penangkapan terhadap tersangka,” terang Azis.

Azis membeberkan, Jajaran Polres Metro Depok telah melakukan pemeriksaan terhadap tersangka. Untuk sementara tersangka dijerat pasal 340 KUHP pembunuhan berencana dan pasal 365 KUHP tentang pencurian dengan kekerasan, mengakibatkan korban meninggal dunia. Kedua pasal tersebut dapat menjerat tersangka dengan hukuman mati atau hukuman seumur hidup.
Atas perbuatannya, tersangka ‘FM’ dijerat Pasal 340 KUHP Pembunuhan Berencana dan Pasal 365 KUHP tentang Pencurian dengan Kekerasan mengakibatkan korban meninggal dunia.

“Ancaman hukuman terhadap jeratan 2(dua) pasal ini yaitu, hukuman mati atau seumur hidup,” pungkas Azis.

Yudha – Kota Depok