Inovatif Relawan PETA Semprot Cairan Disinfektan Menggunakan Teknologi Drone

Buser Bayangkara74,” Penyemprotan Disinfektan Adalah Cara Pemerintah dan Warga Indonesia untuk mencegah Penyebaran Virus Corona Penyebab Covid-19 di tempat tempat Publik. Namun ada yang menarik di kota bandung pada hari minggu,29-03-2020, Relawan PETA ( Pemuda Tangkal Corona ) yang mèrupakan relawan Gabungan Organisasi Kepemudaan,membuat langkah Inovatip dengan penyemprotan cairan Disinfektan menggunakan teknologi Drone. Drone raksasa ini mempunyai daya tampung tangki 15 liter dengan jangkauan luas hampir 5000 m2.

Teknologi Drone ini merupakan kepunyaan dari perusahaan Star-Up teknologi lokal jawa Barat PT. Aero Terra Scan yang berdomisili di kota bandung. Penyemprotan dilakukan di 4 titik rumah ibadah di sekitar kota bandung,tepatnya di Mesjid Raya Kota Bandung,Gereja Katolik Katedral Bandung,Gereja keristen Indonesia ( GKI ) Bandung dan Klenteng Sathya Budhi Bandung.

Rio F wilantara sebagai Koordinator program yang juga sebagai Ketua KNPI Propinsi Jawa Barat mengatakan, Saya kira rekan rekan pemuda harus bergerak mengambil peran yang efektif dengan tidak mengambil resiko yang besar. Teknologi Drone ini memudahkan kita untuk menyemprot cairan disinfektan tanpa kita berinteraksi dengan banyak orang,sekarang eranya 4.0, Pemuda harus inovatif dan kreatif dalam memberikan solusi terkait penanganan Virus Covid-19 ini,tanpa mengabaikan protokoler keselamatan yang dianjurkan oleh pemerintah.” Ungkapnya.

Dian Rusdiana Hakim Founder dan Ceo Aero Terra Scan mengatakan bahwa Perusahaanya siap untuk membantu masyarakat dalam pencegahan dan penanganan virus Covid-19 ini, Khususnya penyemprotan dengan menggunakan Drone,karena penggunaan Drone sebagai alat penyemprotan Disinfektan memiliki keunggulan sebaran yang merata dan efesien dalam penggunaan cairan disinfektan,sehingga sangat tepat guna untuk kawasan terbuka pada lokasi keramaian,” Kami pengusaha harus mengabdi kepada Bangsa,Negara dan sesama.

Ditempat yang sama Ketua BPB PP Propinsi Jawa Barat menyampaikan seluruh personil dilengkapi Alat Pelindung Diri ( APD ) yang sesuai dengan pungsi peran masing masing. Rasa aman peran penting untuk kami dalam bekerja,khususnya dalam situasi seperti sekarang ini,” Ungkap Kang Reza.

Relawan PETA ini diiniasiasi oleh Organisasi Komite Nasional Pemuda Indonesia ( KNPI ) Propinsi Jawa Barat,Badan Penanggulangan Bencana Pemuda Pancasila ( BPB PP ) Jawa Barat, dan Perusahaan Swasta Aero Terra Scan. Selain penyemprotan Disinfektan tersebut, PETA memberikan pasilitas cuci tangan keliling dan pembagian leaflet Sosialisasi pencegahan Virus Covid-19. IW