Berita utama

JEJAK KOMANDAN Kapolres Banjar Jawa Barat

Buser Bhayangkara74 – Bertepatan 1 juli 2020 hari Bhayangkara ke 74 Tabloid Buser Bhayangkara di edisi 91 kita mengangkat seorang Jejak Komandan wanita yakni Akbp Melda Yanny SIK, MH.

Jejak Komandan Akbp Melda Yanny dia salah seorang polisi wanita yang terpilih dari 8 polisi wanita yang menjabat Kapolres dari 518 polres Kota dan Kabupaten yang berada di seluruh Polda Indonesia.

Dimana oragnisasi polri dipimpin Jendral Idham Azis Msi, kini terlihat sudah mempunyai kemajuan yang sangat luar biasa menempatkan 8 perwira polisi wanita jadi kapolres salah satunya Akbp Melda Yanny Sik, MH. namun sebelumnya di organisasi Polri juga pernah tugaskan seorang wanita menjabat Kapolda, saat itu di jabat Brigjen Pol Rumiah Kartoredjo, Spd. pada tahun 2008 menjabat Kapolda Banten.

Dengan karier cukup luar biasa komandan Srikandi ini kini menjabat Kapolres Banjar Jawa Barat dan pertama kalinya Polres Banjar di pimpin seorang Polisi Srikandi.

Untuk lebih tahu jejak komandan Srikandi ini dari karier dan prestasi yang dia emban, Tabloid Buser Bhayangkara 74 akan menggalinya baik karier, prestasi dan ilmu yang dia miliki.

Komandan Akbp Melda Yanny Sik, MH, awalnya gabung di Polri masuk Secaba lulusan 1995, kemudian dari bintara komandan Akbp Melda Yanny ikut program D3 taruni PTIK thun 1996 selama 3 tahun dan lulus 1999 dimana saat itu belum ada Akpol Taruni.

Tidak sampai situ saja komandan ini menggeluti ilmu untuk capai kariernya, di tahun 2000 dia kembali mengikuti pendidikan perwira dan di tahun 2007 S1 PTIK dan di tahun 2016 Sespimen untuk syarat kedepan jadi seorang komandan selanjutnya.

Komandan Akbp Melda Yanny pernah bertugas sebagai dosen madya PTIK selama 3 tahun, dan 4 tahun di SDM mabes Polri, 8 tahun di Kepulauan Riau dengan macam jabatan yaitu pernah jabat Kasatlantas, Kapolsek Tanjung Pinang Timur, Kabirops Narkoba bahkan lama di kesatuan reserse penanganan kekerasan terhadap perempuan dan anak, di beberapa tempat yakni di Mabes Polri, Polda Metro Jaya dan Polda Kepri

Komandan kelahiran Minang 45 tahun silam anak kedua dari 5 bersaudra jadi kebanggaan orang tua hasil dari pasangan (purnawirawn Polri) Bapak Basirun dan Ibu Marnis mempunyai segudang prestasi di kepolisian.

Komandan wanita penyuka makanan nusantara dengan hobby berolah raga sepeda istri dari Kombes Pol Guruh Arif Dermawan seorang polisi juga lulusan akpol 1995 dan sudah dikarunia 3 anak wanita dengan anak pertama Annisa Ardhya Pramesti yang diterima di UGM anak kedua Nayla Nadine Azzahra dan sibungsu Aleah Kirana Dharma yang masih berumur 5 tahun.

Komandan no profil kesehariannya tidak melupakan tugasnya sebagai ibu rumah tangga dengan waktunya masak, dan menerapkan pendidikan pada buah hatinya melakukan kontrol dari tugas sekolah, walaupun dia seorang Kapolres.

Dihari Bhayangkaran ke 74 Komadan berdarah minang dan penyuka segala semua irama musik selagi enak didengar mengahrapkan pada anggota Polri di usia yang sudah cukup tua yang dia katakan dengan 3 kata yakni HADIR, BERBUAT dan BERMANFAAT

Selain itu Komandan ini juga dalam jajarannya di Polres Banjar dia buat rangkai kata motto BERSERI (Beriman, Resfonsif, Sinergitas, Empathy dan Inofatif) yang ia paprkan, Polisi tentu harus BERIMAN dengan ajaran agama masing masing, RESFONSIF Polisi harus resfon pada permaslahan yang ada di masyarakat, Polisi harus SINERGITAS ke dalam dan keluar pada masyarakat untuk hubungan yang lebih dekat saling menghormati dan menjaga , EMPATHY polisi harus ramah dan humanies pada masyarakat bagaimana polisi tetap dicintai masyarakat dan INOFATIF bagamima polisi harus peka pada permasalahan kemudian membuat hal hal yang baru mengangkat yang biasa menjadi luar biasa.

(Yons)

Tinggalkan Balasan