Kapolsek Rancaekek adakan Rakor bersama Muspika Bahas Pandemik Covid-19 Tingkat Kec.Rancaekek Kab.Bandung

buser-bhayangkara74

Kamis(19/03/2029) pukul 09.00- 11.30 Wib Kapolsek Rancaekek Polresta Bandung Kompol Imron Rosyadi Sag beserta Kanit Intel Iptu Ate Jumara menghadiri Rapat kordinasi Muspika Kec.Rancaekek Kab.Bandung bertempat di Ruang Aula Puskesmas Kec.Rancaekek yang

diikuti oleh 25 orang terdiri dari Camat Rancaekek Baban Banjar, Danramil Rancaekek Kapten Inf. Mamat Raidin, Kepala UPT.KB,. Kepala KUA, Kordinator sekolah TK dan SD , Kepala Puskesmas Rancaekek, kepala Puskesmas Linggar dan Kepala Puskesmas Nanjung Mekar.

 

Rapat tersebut diselenggarakan dalam rangka menyikapi upaya pencegahan menularnya wabah Pandemik virus Covid-19 yang sudah jadi Tanggungjawab secara nasional

Dari hasil Rakor Muspika Kec.Rancaekek membuat kesepakatan semua unsur Muspika Kec.Rancaekek sepakat bersinegritas secara bergotong royong dengan membagi tugas tentang upaya pencegahan wabah virus Corona di wilayah Kec.Rancaekek Kab.Bandung.

 

Dalam Rapat tsb Dr.DEDI selaku Nara sumber dari Team Kesehatan memaparkan tentang Penularan virus corona bisa terjadi melalui berbagai hal berikut:

 

Droplets atau tetesan cairan yang berasal dari batuk dan bersin

Kontak pribadi seperti menyentuh dan berjabat tangan

Menyentuh benda atau permukaan dengan virus di atasnya, kemudian menyentuh mulut, hidung, atau mata sebelum mencuci tangan

Kontaminasi tinja (jarang terjadi)

Sebuah studi terbaru menunjukkan potensi penularannya melalui udara.

 

Ketika seseorang batuk atau bersin dan mengeluarkan cairan mengandung virus, berpotensi akan menyebar ke udara dan bisa langsung masuk ke tubuh orang lain jika berada dalam posisi berdekatan.

 

“Virus ini ditularkan melalui tetesan, atau sedikit cairan, sebagian besar melalui bersin atau batuk,” kata Dr.DEDI menerangkan.

 

Bahkan, para peneliti menemukan bahwa virus itu bisa bertahan dalam jangka waktu tertentu di udara dan menempel di permukaan benda, bergantung pada beberapa faktor, seperti panas dan kelembapan.

 

Kapolsek Rancaekek Rancaekek Polresta Bandung Kompol Imron Rosyadi Sag usai rapat tersebut menerangkan ” bahwa semakin meluasnya banyak yang terjangkit virus Corona berbagai daerah di Indonesia, sehingga menimbulkan rasa kekhawatiran juga bagi warga Kec.Rancaekek khususnya, dan diharapkan dengan mensosialisasikan himbauan dan anjuran upaya pencegahan penyebaran wabah tsb masyarakat juga bisa tenang tidak panik dan mendukung anjuran pemerintah yang telah disampaikan melalui himbauan para Bhabinkamtibmas kami,” jelasnya.

 

 

Red