Kodim 0612/Tasikmalaya Menggelar Pendidikan Bela Negara Unper (Universitas Perjuangan) Angkatan 4 Unper tahun akademik 2019/ 2020

Buser Bhayangkara74 – Kegiatan Kodim 0612/Tsm Dalam Rangka Membina Pertahanan Wilayah Sabtu tanggal 15 Februari 2020 Pkl. 08.15 s.d 09.00 wib bertempat di Lapangan Utama Unper (Universitas Perjuangan) Jl. Peta No 177 Kel. Kahuripan Kec. Tawang Kota Tasikmalaya telah dilaksanakan pembukaan pendidikan Bela Negara Unper (Universitas Perjuangan) Angkatan 4 Unper tahun akademik 2019/ 2020, yang dihadiri lk. 70 orang

Acara pembukaan latihan PBN ini langsung dibuka oleh Ketua Yayasan Siliwangi (Brigjen TNI Purn Dr. H. Deden Ruchlia, Drs. M.Si), isi sambutannya :

Bela negara adalah sikap perilaku dan tindakan warga negara secara menyeluruh untuk membela negaranya dari ancaman yang membahayakan keutuhan negaranya, tindakan tersebut berupa tindakan yang biasanya terorganisir oleh negara itu sendiri atau suatu kelompok masyarakatnya yang dilandasi akan kecintaan terhadap tanah air dan bangsanya.

Para pendiri bangsa dengan kondisi semacam ini muncul yang namanya potensi wawasan nusantara dan ketahanan nasional sesuai pokok-pokok pikiran dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar 45 alinea pertama disebutkan bahwa sesungguhnya kemerdekaan itu adalah hak segala bangsa dan oleh sebab itu maka penjajahan diatas dunia harus dihapuskan karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan.

Kesadaran berbangsa dan bernegara yang membawa kepada persatuan dan kesatuan Indonesia dengan tidak membedakan berbagai perbedaan dan keragaman yang ada meyakini Pancasila sebagai ideologi negara sehingga dapat mengimplementasikan nilai-nilai luhur Pancasila dalam kehidupan sehari-hari sikap rela berkorban untuk bangsa dan negara.

Sikap yang dapat terwujud apabila seseorang sudah cinta tanah air dan sadar dengan rasa kebangsaan yang harus dimiliki dan sudah melaksanakan nilai-nilai Pancasila dalam segala bidang memiliki kemampuan awal bela negara secara fisik secara psikis maupun secara kesadaran mental kita sesuai dengan keahlian dan profesi masing-masing.

Tujuan diadakannya pendidikan dan pelatihan Pendidikan Bela Negara (PBN) Angkatan 4 Unper tahun akademik 2019/ 2020 adalah tekad, sikap dan prilaku warga negara secara teratur, menyeluruh dan terpadu serta dijiwai oleh kecintaan kepada NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 dalam menjamin kelangsungan hidung berbangsa & bernegara

Kegiatan PB Unper ini akan dilaksanakan selama 5 hari TMT 15 s.d 20 Febuari 2020 dengan jumlah peserta 984 orang terdiri putra 462 orang dan putri 522 orang yang terbagi menjadi kompi 4, dengan adanya kegiatan PBN Unper ini diharapkan para mahasiswa menjadi kekuatan sosial kategori yang mampu menjadi pemersatu bangsa dan mampu mengeliminasi permasalahan yang berkembang di Indonesia serta membangun solidaritas yang lebih baik

Para lulusan Unper nantinya dapat berguna dan bermanfaat bagi dirinya keluarganya, daerahnya, bangsanya dan negara dan Perlu tetap adanya pengamanan dan monitoring terhadap kegiatannya untuk menghindari berbagai ancaman dan gangguan baik yang datangnya dari pihak luar maupun dari pihak dalam sendiri.

De tommy/herdy/aditya РJabar 

Tinggalkan Balasan