Kodim Lobar NTB, Sambut Hari Juang TNI AD, Reboisasi Tanam Ribuan Pohon.

Buser Bhayangkara74, Mataram (NTB) – Menyambut Hari Juang TNI AD Kodim 1606/lobar NTB memberikan perhatian khusus terhadap lingkungan, terutama kelestarian hutan yang akhir-akhir ini kerusakan hutan di dunia khususnya di Indinesia sangat memprihatinkan.

Mencermati kondisi hutan Nusa Tenggara Barat (NTB), Kodim 1606/Lombok Barat NTB melaksanakan penghijuan bekerjasama dengan BPDASHL, Lingkungan Hidup Dodokan Moyosari, Pemdes Bengkaung dan instansi terkait di bukit dan lahan kosong Desa Bengkaong Kecamatan Batulayar Lombok Barat. Senin (9/12). Kegiatan ini bertemakan, ” TNI Agkatan Darat Adalah Kita.”

Komandan Kodim 1606/Lobar Kolonel Czi Efrijon Kroll, S.IP. MM., memberikan pengarahan kepada seluruh peserta reboisasi di lapangan Desa Bengkaung kecamatan Batulayar Lombok Barat.

Dalam acara ini Dandim menyampaikan, Hutan Indonesia merupakan hutan tropis yang sangat luas dan dianggap sebagai paru-paru dunia. Di Provinsi NTB, kondisi hutan sangat memprihatinkan karena adanya degradasi hutan dan lahan yang disebabkan oleh illegal logging, penjarahan hutan dan alih fungsi lahan. Terangnya.

Dandim juga mengatakan, hari ini kita bersama-sama melakukan upaya pemulihan dan pengurangan laju deforestasi melalui pembangunan hutan tanaman industri dan pembangunan hutan tanaman rakyat.

“Demikian juga dengan kondisi lingkungan hidup dari waktu ke waktu kualitasnya semakin menurun karena adanya pencemaran lingkungan dan bahkan terjadi kerusakan lingkungan yang menimbulkan konflik sosial,” jelas Dandim.

Menurut Dandim, bencana alam yang terjadi dibeberapa daerah banyak disebabkan oleh rusaknya hutan dan lingkungan akibat ulah manusia yang tidak bertanggung jawab. Kondisi tersebut menyebabkan fungsi hutan sebagai penyerap air dan penyangga lahan tidak berfungsi dengan baik sehingga menimbulkan banjir dan tanah longsor pada musim hujan maupun bencana kekeringan saat musim kemarau. Ungkapnya.

Dandim mengharapkan,
Malalui kegiatan ini, Kodim bersama instansi terkait dan masyarakat akan melaksanakan gerakan penanaman pohon sebagai langkah nyata dalam penanggulangan kerusakan hutan dan lingkungan.

Dalam kegiatan reboisasi ini jenis bibit pohon yang ditanam antara lain durian 100 pohon, kemiri 100 pohon, nangka 100 pohon dan bibit sengon sebanyak 5000 pohon.

Dilokasi penanaman pohon juga hadir, Kapolres Lombok Barat AKBP Bagus Satrio Wibowo, Pabung 1606/Lobar, para Pasi dan Danramil Kodim Lobar, Muspika Batulayar, Persit KCK Cabang XXV Lobar dan masyarakat setempat.

Fajar-Mataram, NTB