Masyarakat Desa Siwatu wonotunggal Antusias terkait adanya program PTSL

Buser Bhayangkara 74.Batang – Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) yg saat ini di gencar2 kan melalui SKB 3 mentri ini, memang sangat membantu masyarakat khususnya di Desa Siwatu Kecamatan Wonotunggal, Kabupaten Batang, di Tahun 2020 ini berjalan lancar sesuai tahapan-tahapanya.Program dari negara ini sendiri di sambut baik oleh warga masyarakat, yang udah lama menantikan adanya program tersebut,meski mengalami sedikit kendala, tentang pemberkasan namun pihak panitia terus berupaya untuk menuntaskan dan mensukseskan program tersebut.

Seperti yang terdapat di Desa Siwatu sendiri,setelah melalui sosialisasi yg dari PEMKAB BATANG,POLRES BATANG,BPN, KEJAKSAAN dan FORKOMPINDA Desa Siwatu sendiri dengan persiapan yang matang, memutuskan panitia setempat menjalankan program Negara, karena memang di Desa Siwatu sendiri dulu pernah ngambil program sertifikat massal dengan nama (PRONA) yang pada 2008, yang lalu dan sampai saat ini baru mengajukan kembali program sertifikat massal,(PTSL) yang selama ini diharapkan warga masyarakat Desa Siwatu supaya Tanahnya punya hak milik.” terang Jazuli.

Di era Kepala Desa Yg baru terpilih kurun waktu hitungan bulan yang lalu yaitu.”Silviana Ariani Amd.Keb.” berharap bisa membantu masyarakat guna mensertifikatkan tanah tanah yg ada di desa yg belum bersertifikat dan masih berstatus Letter C.

“Semua ini tidak lepas dari peran serta masyarakat. dukungan mereka sebagai pemohon program Tanah Sistematis Lengkap, merupakan semangat tersendiri bagi panitia untuk bekerja, ” kata Jazuli. selaku Ketua Panitia PTSL Desa Siwatu Kecamatan Wonotunggal Kabupaten Batang.

Dijelaskan lagi, masyarakat sangat antusias dengan adanya program pendaftaran PTSL di tahun 2020 ini. Hal tersebut terlihat dari data pengajuan pemohon PTSL.masyarakat sendiri sangat antusias untuk datang ke balai Desa guna mendaftarkan tanahnya yang belum bersertifikat.

“Awalnya hanya ada sekitar 300 pemohon, namun saat ini naik menjadi sekitar 500, bidang dan perharinya itu pasti ada kenaikan untuk (pemohon) PTSL, dari satu pemohon menjadi sepuluh pemohon untuk perharinya bahkan bisa lebih” jelas Ketua panitia PTSL saat ditemui di kantor Balai Desa didampingi perangkat Desa, bersama ibu Kepala Desa’ yang ramah ini,Rabu (18/3-2020).

Masih kata ketua panitia PTSL, progres berikut pengupayaan andil masyarakat desa dalam program PTSL ini pun menghantar desa semakin maju. Bahkan, dari pihak penyelenggara yakni Badan Pertanahan Nasional melalui Kantor Pertanahan Kabupaten Batang rencananya akan membuat Desa Siwatu sebagai desa percontohan bahwa Program (PTSL) yang sukses dan masyarakat merasa senang bahwa tanahnya punya hak milik, dengan adanya program PTSL ini.”terangnya.

Trisno-Batang