Musrenbang RKPD Kabupaten Sekadau Tahun 2021 Dibuka Rupinus

Buser Bhayangkara74,” SEKADAU- Rupinus. SH. M.Si didepan ibu Ir. Yuslinda. MM selaku Kepala Bappeda Provinsi Kalimantan Barat yang mewakili Gubernur yang tidak bisa hadir di kegiatan Musrembang RKPD (Rencana Kerja Pemerintah Daerah) Kabupaten Sekadau tahun 2021, menjelaskan.

Rupinus sebutkan dalam arahannya, sesuai dengan tema “Pemantauan Infrastruktur dan Peningkatan Kualitas SDM untuk Mendorong Pembangunan Sektor Strategis Menuju Penguatan Ekonomi Masyarakat”, laju pertumbuhan ekonomi Kabupaten Sekadau lima tahun terakhir mampu bertahan diatas 5%, meskipun agak melambat.

Namun secara keseluruhan, tidak berdampak negatif terhadap perekonomian masyarakat secara Global. Dan terkait data kemiskinan tahun 2019 menunjukkan angka penurunan sebesar 0,06%, tuturnya.

Keberhasilan meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) 7 kali berturut-turut.
Dari hasil kinerja instansi pemerintah terjadi kenaikan nilai hasil evaluasi CC, 58,95 pada tahun 2018 menjadi 59,65 dengan predikat B pada tahun 2019, atau mengalami kenaikan nilai sebesar 0,7 dan ditargetkan pada tahun 2020 meningkat menjadi predikat BB.

Ia juga menjelaskan, predikat penilaian dari Ombudsman RI dengan predikat Zona Hijau (predikat kepatuhan tinggi) dalam pelayanan publik. Dan jumlah desa mandiri di tahun 2019 ini berjumlah 4 desa, tahun 2020 ini ditargetkan 6 desa lagi menjadi desa mandiri.

Bapa ibu sekalian, perlu saya sampaikan bahwa dari keterbatasan SDM kita dan kemampuan penganggaran, hendaknya perlu kecermatan dalam menentukan program kegiatan yang menjadi prioritas yang akan dilaksanakan.

Tak lupa saya atas nama pemerintah Kabupaten Sekadau menyampaikan terimakasih dan penghargaan yang sebesar-besarnya bagi Pemprov Kalbar yang pada tahun 2020 ini telah mengakomodir usulan pembangunan di Kabupaten Sekadau. Yakni, Peningkatan jalan Sekadau-Rawak,
Penggantian jembatan ruas jalan Rawak-Nanga Taman (Sungai Batang), jelas Rupinus.

Dan yang perlu mendapat dukungan dari bapak Gubernur, yaitu
Pembangunan Mesjid Agung dan Gereja Agung.
Lanjutan peningkatan jalan Sekadau-Rawak, dan jalan Nanga Taman-Nanga Mahap.
Peningkatan jalan Provinsi Balai Sebut-Balai Sepuak, dan Balai Sepuak-Semubuk.

Pembangunan Turap/Talud/Bronjong sungai desa Rawak Hilir.
Pembangunan perkuatan tebing, pembangunan jaringan Irigasi, jembatan gantung di kecamatan Belitang, Sekadau Hulu, dan Nanga Taman.

Selanjutnya, Pembangunan SPAM kapasitas 10 liter/detik desa Balai Sepuak dan pembangunan SMA/Terpadu.
Pengembangan PLTA terapugan berupa penyusunan Feasibility Study (FS), dan Detail Engineering (DED) dengan potensi listrik ± 150 MW.
Dan kemudian, Pembangunan Listrik Tenaga Surya di 2 desa tertinggal.
Papar Rupinus di hadapan Wabup, Sekda, para Asisten, pimpinan DPRD Provinsi, Ketua DPRD Kabupaten Sekadau, kepala SKPD, Camat, Tomas, Toga Kabupaten Sekadau yang berlangsung di Aula Penanjung Island ini.
(17/3/2020).

(Jhon)