Penanganan Virus Covid 19 / Corona Kapolres Sukabumi laksanakan Rapat Lintas Sektoral Dalam Rangka Persiapan Situasi Kontijensi

buser-bhayangkara74

POLRES SUKABUMI – Penanganan pencegahan penyebaran virus Covid – 19/ Corona saat ini tengah gencar dilakukan secara masiv oleh berbagai pemerintah pusat dan pemerintah daerah.

 

Polri selaku bagian dari pemerintah tentunya sangat berperan aktif bersama stakeholder lainnya untuk mencegah wabah virus corona menyebar tidak terkendali.

 

Polres Sukabumi juga tidak tinggal diam sejak di tetapkannya virus corona sebagai virus yang bersifat pandemik dan ditetapkan statusnya masuk sebagai bencana nasional.

 

Upaya – upaya yang telah dilaksanakan antara lain sosialisasi bersih – bersih lingkungan di tempat publik, rumah ibadah, tempat pelayanan umum, mako dan asrama, selain itu melaksanakan pemeriksaan suhu tubuh, pemberian hand sanitizer kepada personil dan masyarakat yang masuk mako baik Polres maupun Polsek Jajaran.

 

Namun demikian perlu juga dilakukan pembuatan prosedur penanganan virus corona, apabila kondisi semakin memburuk di wilayah Kabupaten Sukabumi dengan langkah – langkah Kontijensi.

 

Maka untuk penanganan yang lebih komprehensif, Kapolres Sukabumi Akbp Nuredy Irwansyah Putra menginisiasi pertemuan lintas sektoral dengan stakeholder terkait, Jumat (20/03).

 

Pertemuan lintas sektoral bertempat di ruang kerja Kapolresta sukabumi, nampak hadir dalam pertemuan Kapolres Sukabumi Kota AKBP Wisnu Prabowo, SIk, Kapolres Sukabumi Kabupaten AKBP Nuredy Irawansyah, Sik, SH, MH., Kepala BAPEDA Kab Sukabumi Drs Maman, MMPD, Kepala Badan Dppkad Drs Abdul Wasit, Kabid penanganan penyakit Menular H. andi, Kabid Bangunan Dinas Perkim H Darus, Staf Ahli Bidang pemerintahan drs Dana Budiman.

 

Dalam Rapat membahas langkah langkah Kontijensi jika seandainya menghadapi Situasi terburuk dalam wabah Virus Covid 19 / Corona.

 

Disampaikan juga dalam rapat dikarenakan sebaran PDP dan ODP sementara ini lebih ke wilayah Utara kabupaten Sukabumi, dan apabila ada yang dinyatakan Positif Corona maka akan di rujuk ke RS. R Syamsudin SH, di kota Sukabumi.

 

Selanjutnya disepakati satgas tingkat kabupaten akan selalu berkoordinasi dalam menangani akibat Virus Covid 19. Seperti masalah sosial, Ekonomi. Akan disampaikan oleh kepala Bapeda ke dinas Intansi terkait, seperti dinas Perindagkop, dinas Pariwisata. Yaitu pengecekan bahan pokok di supermarket dan pasar modern. Dan meminimalisir kerumunan orang di tempat wisata.

 

Nuredy menyatakan bahwa saat ini Polres Sukabumi sudah menyiapkan SOP Kontijensi dan personil, sehingga apabila kondisi situasi wabah virus corona berlanjut Polres Sukabumi dan stakeholder terkait sudah siap menghadapi situasi.

 

Dalam rangka pencegahan penyebaran virus Covid – 19 di wilayah hukum Polres Sukabumi sudah mengerahkan para Babinkamtibmas untuk memberi penyuluhan dan penerangan kepada masyarakat tentang arahan pemerintah terkait cara penyegaran penyebaran virus corona dan nantinya akan disinergikan dengan para Babinsa masing-masing desa binaan, dan diharapkan giat penyuluhan dan pembinaan diikuti oleh tenaga kesehatan dan aparat desa.

 

Red