PERINGATAN NUZULUL QUR’AN TAHUN 1441 H/2020 M SEBAGAI WAHANA UNTUK MENINGKATKAN KEIMANAN DAN MUHASABAH

Buser Bhayangkara 74

Rabu, 13/5/2020 bertempat di Mapolda Jabar Jl. Soekarno-Hatta 748 Bandung, diselenggarakan Peringatan Nuzulul Qur’an melalui Aplikasi Zoom, dengan mengambil tema “Hikmah Ramadhan , Nuzulul Qur’an dan Idul Fitri 1441 H/2020 M sebagai wahana untuk meningkatkan keimanan, muhasabah dan berperilaku hidup sehat”.

 

Dalam peringatan Nuzulul Qur’an tersebut, selain diikuti oleh Kapolda Jabar Irjen Pol. Drs. Rudy Sufahriadi dan Waka Polda Jabar Brigjen Pol. Dr. Akhmad Wiyagus, S.I.K.,m.Si., M.M., serta seluruh Pejabat Utama Polda Jabar beserta Staf di ruang kerja masing-masing.

 

Kegiatan Nuzulul Qur’an diawali dengan pembacaan Kalam Illahi oleh Wadir Lantas Polda Jabar, AKBP Ahmad Fuady, S.H., S.I.K., M.H., yang dilanjutkan dengan pembacaan Salawat Thibil Qulub dan Likhomsatun.

 

Kapolda Jabar dalam sambutannya yang disampaikan melalui sarana Aplikasi Zoom menyampaikan bahwa peringatan Nuzulul Qur’an merupakan momentum penguatan spiritual, moral dan perilaku dalam menyucikan segenap pikiran dan gerakan Islam Rahmatan Lil’Alamin dalam meningkatkan keimanan dan ketaqwaan terhadap Allah SWT.

 

Kapolda Jabar juga menyampaikan harapan agar seluruh personel Polda Jabar dapat senantiasa mentaati kebijakan Pemerintah dalam menghadapi Pandemi Ciovid-19 dengan menjaga kesehatan, memakai masker, disifektan dan lain-lain, sehingga diharapkan pandemi Covid-19 ini dapat segera berakhir dan semoga ibadah puasa serta ibadah lainnya dapat diterima serta mendapat pahala yang berlipat ganda dari Allah SWT.

 

“Melalui peringatan Nuzulul Qur’an diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan penghayatan terhadap Al Qur’an serta dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga dapat tercermin dalam sikap dan perilaku terpuji”, ucap Kapolda Jabar.

 

KH. Yahya Zainul Ma’arif, Pimpinan Pontren Albahzah Cirebon pada tausyiahnya menyampaikan bahwa menjadi Polisi yang bertugas keluar rumah, yang dipikirkan hanyalah keselamatan orang lain tanpa memikirkan kepentingan sendiri dan hal tersebut merupakan perbuatan baik yang diridoi oleh Allah SWT. Menurutnya, orang yang baik adalah orang yang berguna serta bermanfaat bagi orang lain dan itulah yang dilakukan dan menjadi bagian dari tugas anggota Polisi.

 

“Syukuri nikmat yang telah diberikan oleh Allah SWT, pelaksanaan tugas yang dilakukan anggota Polisi merupakan amal ibadah dan dicatat sebagi kebaikan yang akan diterima di Yaumil akhir”, ucap KH. Yahya Zainul Ma’arif.

 

Disampaikan pula oleh penceramah bahwa dalam memperingati Nuzulul Qur’an saat ini agar terus berupaya bagaimana caranya menurunkan Al-Qur’an kedalam hati kita masing-masing. Karena sebagai pedoman hidup, Al Qur’an adalah kunci kebahagiaan, oleh karenanya selalu mendekatkan diri kepada Alloh SWT, sehingga dalam pelaksanaan tugas senantiasa mendapatkan ridho dari Alloh SWT.

 

“Menjadi manusia harus punya hati yang penuh dengan kasih sayang terhadap sesama umat manusia, jangan merendahkan orang lain, jangan sombong , sholat 5 waktu jangan ditinggalkan, sebab jika seseorang jiwanya sudah bersih maka orang tersebut akan baik dan mulia dimana-mana “, tandas KH. Yahya Zainul Ma’arif.

 

Peringatan Nuzulul Qur’an Tahun 1441 H/2020 M, ditutup dengan doa yang dipimpin oleh KH. Yahya Zaenul Maarif atau yang lebih dikenal dengan Buya Yahya.

 

Kang Dian