Polres Buton Utara Terbentuk: Mudahkan Pelayanan, Tingkatkan Kamtibmas

Buser bhayangkara74, Buton Utara – Sejak dimekarkan menjadi daerah otonomi baru tahun 2007 silam, Kabupaten Buton Utara (Butur) Sulawesi Tenggara (Sultra) kini telah dihadirkan Polres. Sebelumnya, daerah ini, masih masuk dalam wilayah hukum Polres Muna.

Seremoni peresmian sekaligus pelantikan Kapolres Buton Utara, AKBP Wasis Santoso, S.I.K, oleh Kapolda Sultra, Brigjend Pol. Merdisyam, M.Si telah dilangsungkan di Mapolres setempat, di Minaminanga, Rabu 15 Januari 2020.

Brigjend Pol. Merdisyam, mengatakan pembentukan kesatuan Polres Butur, merupakan upaya Polri khususnya Polda Sultra untuk menjawab tantangan tugas yang semakin kompleks. Sekaligus upaya meningkatkan pelayanan kepolisian kepada masyarakat.

“Yang merupakan bagian yang tidak terpisahakan dari komitemen dalam memberikan jamian dan menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat di Sulawesi Tenggara,” tuturnya.

Momentum tersebut, diharapkan dapat dijadikan motivasi bagi para personil POLRI di Polres Butur, untuk lebih meningkatkan peran dan fungsinya di masyarakat. Sebagai pemelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, alat negara penegak hukum serta sebagai pelindung, pengayom, dan pelayan masyarakat.

Selanjutnya, Kapolda Sultra juga menitip beberapa pesan penting kepada jajaran Polres Butur, antaralain agar menjadikan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa sebagai landasan pelaksanaan tugas pokok kepolisian.

Kemudian, memelihara dan menjaga marwah dan nama kesatuan Polres Buton Utara, dan Polda Sultra serta POLRI pada umumnya baik dalam bertugas maupuk dalam kehidupan bermasyarakat. Lalu, keberadaan kesatuan Polres Buton Utara harus memberikan dampak yang positif bagi situasi kamtibmas dan bagi pembangunan daerah di wilayah setempat.

Selanjutnya, membangun soliditas dan sinergitas dengan pemerintah daerah, TNI, dan masyarakat guna menciptakan kondisifitas keamanan yang mendukung jalannya peangunan nasional dan derah. Serta menjaga dan memelihara sarana dan prasarana kesatuan, sehingga dapat berfungsi optimal melayani masyarakat dan memiliki masa pakai yang panjang.

Kemudian, menjaga profesionalisme dan netralitas dalam pelaksanaan pilkada serentak tahun 2020 di Butur. Dan terakhir, Kapolda juga berpesan kepada seluruh anggota, agar selalu menjaga diri, kesehatan dan keselamatan diri dalam bertugas,

“Saya menitipkan kepada seluruh anggota Polres Buton Utara, jaga kepercayaan masyarakat kepada kita. Masyarakat adalah yang perlu kita lindungi, kita ayomi, kita layani. Jangan sakiti hati rakyat, jangan berbuat yang mencederai perasaan rakyat, karena kalian adalah pengayom, pelindung masyarakat,” pungkasnya.

Sebagai wujud apresiasi terhadap kesungguhan dalam membantu operasional pendirian Polres, Kapolda Sultra, Brigjen Pol Merdisyam, juga menyerahkan piagam penghargaan kepada Bupati Butur.

“Saya mengucapkan kepada bapak Bupati, Ketua DPRD, seluruh tokoh masyarakat dan seluruh masyarakat Buton Utara yang memberikan dukungan penuh,” ucapnya.

Bupati Butur, Abu Hasan, menyampaikan terima kasih kepada Kepolisian Republik Indonesia yang sudah mempercayakan daerahnya untuk hadirnya Polres. Menurutnya, kepercayaan itu merupakan hadiah yang sangat istimewa.

“Ini merupakan anugerah yang luar biasa bagi masyarakat dan pemerintah dalam rangka penegakan hukum dan pelayanan kepada masyarakat Buton Utara,” ungkapnya.

Hadirnya Polres Butur, menurut Abu Hasan, merupakan jawaban konkrit dari Kepolisian RI dalam rangka meningkatkan sinergitas penyelenggaraaan pemerintahan di daerah. Sehingga, upaya pembenahan di berbagai aspek di daerahnya ke depan akan lebih maksimal lagi.

Ketua DPRD Butur, Diwan, menyambut baik terbentuknya Polres di daerah itu. Bahkan, ia mengungkapkan bahwa hadirnya institusi tersebut, memang sudah lama dinantikan.

“Sudah lama kami merindukan Polres akan tiba. Syukur Alhamdulillah sudah tiba. Kami dari pemerintah bersama-sama Polres, sama-sama memajukan pembangunan,” ungkap Diwan.

Polres Butur membawahi empat Polsek yang tersebar di enam kecamatan di Butur. Keempat Polsek itu yakni Polsek Kulisusu, Polsek Kulisusu Barat, Polsek Bonegunu dan Polsek Wakorumba Utara.

 Irsan/Sultra

Tinggalkan Balasan