Puslatpur 4 Marinir Purboyo Laksanakan Program Ketahanan Pangan Dalam Siaga Wabah Covid-19

Buser Bhayangkara74,” Dispen Kormar (Malang). Pusat Latihan Tempur Marinir (Puslatpurmar) 4 Purboyo melaksanakan program ketahanan pangan dalam rangka siaga menghadapi wabah Covid 19 yang melanda Indonesia, di Ksatrian Puslatpur 4 Marinir Purboyo. Malang, Selasa (31/03/2020).

Komandan Puslatpurmar-4 Purboyo Letkol Mar Rofik Anwar M.Tr.Hanla., mengatakan “Program peningkatan ketahanan pangan dimaksudkan untuk mengoperasionalkan pembangunan dalam rangka mengembangkan sistem ketahanan pangan baik di tingkat nasional maupun di tingkat masyarakat. Pangan dalam arti luas mencakup pangan yang berasal dari tanaman, ternak dan ikan untuk memenuhi kebutuhan atas karbohidrat, protein lemak dan vitamin serta mineral yang bermanfaat bagi pertumbuhan kesehatan manusia”.

Ketahanan pangan diartikan sebagai terpenuhinya pangan dengan ketersediaan yang cukup, tersedia setiap saat di semua daerah, mudah memperoleh, aman dikonsumsi dan harga yang terjangkau. Hal ini diwujudkan dengan pembukaan lahan untuk di tanami umbi-umbian, ketela, Jagung, pembuatan kolam baru dan penebaran bibit ikan Nilla baik di kolam maupun di sungai di area puslatpurmar-4 Purboyo.

Tujuan program ketahanan pangan adalah meningkatnya ketersediaan pangan, mengembangkan diversifikasi pangan, mengembangkan kelembagaan pangan, mengembangkan usaha pegelolaan pangan, tambahnya.

Pada kesempatan tersebut Wadan Puslatpurmar 4 Purboyo Mayor Mar Kardono Samsu menyampaikan sasaran yang ingin dicapai dari program ini adalah mendorong partisipasi prajuritnya dalam mewujudkan ketahanan pangan meningkatnya keanekaragaman konsumsi pangan dan menurunnya ketergantungan pada pangan pokok beras melalui pengalihan konsumsi non beras.

Disamping itu Wadan Puslatpur 4 Purboyo menekankan selain program social distancing dan physcial distancing juga memberikan penekanan ke seluruh anggota untuk selalu menjaga kebersihan, kesehatan dan kebugaran tubuh.  Gun’s