Terlambat Perpanjang SIM Tidak Dikenakan Denda.

Buser Bhayangkara 74 – Dampak dari musibah virus covid 19 atau corona yang belum berhenti semakin dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat, sampai kepada perputaran roda perekonomian di masyarakat goyah. Dari persoalan inilah Satlantas Polresta Mataram memberikan kebijakan terkait dengan kepengurusan Surat Ijin Mengemudi (SIM).

Keterlambatan permohonan perpanjangan SIM di Satlantas Polresta Mataram tidak dikenakan denda. Kebijakan itu menindaklanjuti instruksi Korlantas Polri. Oleh karena itu, masyarakat yang masa berlaku SIM akan berakhir tidak perlu khawatir. Karena terlambat perpanjangan tidak dikenakan denda.

‘’ Sekarang terlambat perpanjang SIM tidak dikenakan denda,’’ terang Kasat Lantas Polresta Mataram, AKP Raditya Suhart memberikan keterangan di Mapolresta Mataram, Rabu (01/04/2020).

Kebijakan tersebut langsung disosialisasikan dan diterapkan. Aturan tersebut mulai diberlakukan 18 Maret sampai dengan 29 Mei mendatang. Kebijakan ini bisa diperpanjang tergantung kondisi penyebaran corona. ‘’ Yang jelas keputusan itu menindaklanjuti kebijakan Kakorlantas,’’ tambahnya.

Sementara untuk permohonan pembuatan SIM baru tetap dilayani. Begitu juga uji praktek SIM tetap diberlakukan. Kemudian untuk mencegah penyebaran virus corona. Motor yang digunakan untuk ujian terlebih dahulu disemprotkan disinfektan. Tujuannya sterlisasi motor yang digunakan untuk mencegah penyebaran virus corona. Untuk Motor yang dipakai tetap dijaga sterilnya. Karena motornya dipakai bergiliran dan bergantian. Satu orang selesai langsung disemprotkan disinfektan. Di semua kegiatan tetap di terapkan pola ini.

Kasat Lantas juga menjelaskan, Pelayanan di Satpas Satlantas Polresta Mataram juga tetap menerapkan jaga jarak atau social distancing. Kursi panjang diruang pelayanan diberikan jarak untuk menjaga jarak sesuai prosedur penanganan corona. Petugas juga menyediakan tempat cuci tangan beserta sabunnya. ‘’ Tempat duduknya juga diatur tetap memperhatikan social distancing. Ada pengaturan jaga di sana,’’ katanya.

Sedangkan pelayanan permohonan SIM melalui mobil keliling untuk sementara ditiadakan. Mobil SIM keliling saat ini sudah diparkir di Satlantas Polresta Mataram. ‘’ Untuk sementara ini tidak melayani melalui mobil SIM keliling,’’ ungkapnya.

Sejak virus Corona ini menyerang. Jumlah pemohon SIM menurun drastis. Situasi ini tentunya bisa dimaklumi. Mengingat masyarakat khawatir untuk keluar rumah seperti yang dianjurkan pemerintah.

Fajar-Mataram,NTB