Wajib di Afresiasi Polsek Cibatu Polres Garut. Bubarkan pesta pernikahan disaat PPKM Darurat covid-19.

Buser Bhayangkara74,

 

GARUT- petugas gabungan dari Polsek Cibatu Polres Garut bersama Satgas Covid 19 Kecamatan Kersamanah dan Satgas Covid 19 Desa Nanjungjaya membubarkan resepsi pernikahan yang nekat digelar di tengah PPKM Darurat di Kp.Ciboja 03/05 Ds.Nanjungjaya Kec.Kersamanah Kabupaten Garut, Sabtu (23/7/2021).

Sebab, acara tersebut menabrak larangan pemerintah,  menggelar acara hajatan saat  Pelaksanaan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat Jawa Bali.

“Ada laporan bahwa di salah satu rumah warga di Kp.Ciboja 03/05 Ds.Nanjungjaya Kec.Kersamanah Kabupaten Garut dengan penanggungjawab acara Alang burhanudin, sedang ada acara hajatan pernikahan. Setelah itu kami datangi bersama anggota dan membubarkan kegiatan acara tersebut,” kata Kata Kapolres Garut AKBP Wirdhanto Hadicaksono, S.I.K., M.Si melalui Kapolsek Cibatu AKP Moh. Duhri, S.H, M.M.

Satgas Covid 19 Kecamatan Kersamanah memanggil penangungjawab acara pernikahan untuk menghentikan acara resepsi pernikahan dengan peneguran dan humanis untuk dibubarkan acara pernikahan yang sedang berlangsung. Kapolsek Cibatu menjelaskan di masa PPKM Darurat dan semua kegiatan yang sifatnya mengumpulkan massa seperti hajatan pernikahan, dilarang.

Sedangkan pelaksanaan resepsi Pernikahan telah diatur oleh pemerintah bisa dilaksanakan dengan ketentuan undangan hanya 30 orang dimasa PPKM Darurat.

Setelah diberikan penjelasan tersebut, tamu undangan yang sudah hadir dan berada dibawah tenda undangan, akhirnya membubarkan diri pulang kerumah masing-masing.

AKP Duhri menegaskan pelaksanaan  PPKM Darurat ini, untuk memutus rantai Penyebaran covid-19, yang semakin merajalela.

“Kami sudah berkoordinasi dengan Muspika dan kepala desa di kecamatan Kersamanah, jika ada warganya mengajukan kegiatan pesta pernikahan, agar menundanya terlebih dahulu. namun untuk kegiatan akad nikah bisa dilaksanakan dengan hanya mengundang 10 orang,” katanya.

Untuk menindak lanjuti kejadian tersebut kepada penanggung jawab pernikahan untuk hadir Ke Satgas covid tingkat kecamatan/Kantor Kecamatan Kersamanah sebagai bentuk pertanggung jawaban.

Kapolsek Cibatu juga mengimbau masyarakat,  harus tetap disiplin melaksanakan Protokol Kesehatan (Prokes ) 5 M, yakni  memakai masker,  mencuci tangan, menjaga jarak dan menjauhi kerumunan. Pungkasnya.

Bambang-Garut